PUSAT KARIER (CAREER DEVELOPMENT CENTER)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Saturday, 27 Apr 2024

Pusat Karier Persiapkan Mahasiswa dan Alumni Studi ke Luar Negeri

Berita Umum | 01 Oktober 2021 00:00 wib Antusiasme mahasiswa dan alumni untuk studi lanjut ke luar negeri semakin besar. Dibutuhkan persiapan yang matang untuk berkompetisi mendapatkan beasiswa dan mempersiapkan diri untuk studi lanjut ke luar negeri. Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memberikan solusi dalam program Bootcamp for Continuing Study (B-CoSt).

Siapapun tentu saja mendambakan belajar di luar negeri.  Minat mahasiswa dan alumni untuk belajar ke luar negeri semakin tinggi dan kesempatan pun semakin terbuka lebar. Meskipun demikian, kuota penerimaan selalu tidak sebanding dengan tingginya minat. Kompetisi mendapatkan beasiswa studi ke luar negeri semakin ketat. Dibutuhkan persiapan yang matang untuk menjadi juara memenangkan beasiswa.

Pusat Karir UIN Syarif  Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan the Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education (Nuffic Neso), sebuah organisasi nirlaba yang mewakili sector pendidikan Belanda di Indonesia, mengadakan bootcamp atau pelatihan bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni untuk persiapan meraih kesempatan studi keluar negeri. Program tersebut dinamakan B-CoSt, yaitu, Bootcamp for Continuing Study.

B-CoSt merupakan program terstruktur yang memberikan knowledge dan skill dalam rangka mempersiapkan peserta untuk bersaing meraih kesempatan beasiswa studi ke luar negeri. Tiga skema besar dipersiapkan dalam kegiatan ini, yaitu, serial webinar, coaching Clinique, dan talent placement. Serial webinar merupakan upaya knowledge development terkait topik-topik seputar aplikasi studi di luar negeri. Ini meliputi, dan tidak terbatas pada, bagaimana mencari bidang studi dan universitas yang pas, mencari supervisor, memilih sertifikat bahasa Inggris yang tepat, serta memahami pengisian formular beasiswa yang tidak jarang membingungkan. Sesi coaching Clinique lebih kepada pendekatan intensive dan hands-on activity untuk membuat CV, motivation letter, research proposal, serta yang tak kalah penting adalah video resume. Talent placement tidak lain adalah menyodorkan kesempatan-kesempatan beasiswa dari lembaga-lembaga beasiswa luar negeri yang ada di Indonesia. Kegiatan talent placement merupakan ujung dari program B-CoSt dimana peserta dihadapkan langsung dengan puluhan lembaga pemberi beasiswa baik dari pemerintah Indonesia, pemerintah luar negeri, lembaga nirlaba, maupun dari universitas di luar negeri.

Output dari B-CoSt tentu saja adalah serapan yang tinggi dari peserta untuk mendapatkan beasiswa studi luar negeri. Oleh karena itu, beberapa persyaratan peserta menjadi penting untuk diperhatikan.

Meskipun B-CoSt terbuka umum, program ini memberi kesempatan khusus bagi peserta dari perguruan tinggi keagamaan di bawah Kementerian Agama, di antaranya, PT di bawah Direktorat Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Direktorat  Bimbingan Masyarakat Kristen, Direktorat Bimbingan Masyarakat Katolik, Direktorat Bimbingan Masyarakat Budha, Direktorat Bimbingan Masyarakat Hindu, dan Direktorat Bimbingan Masyarakat Konghuchu. Kemampuan akademik dan bahasa menjadi persyaratan wajib mengikuti kegiatan ini, dengan masing-masing kriteria IPK minimal 3,25 dan skor minimum Toefl 500 atau setara. Untuk sukses dalam kegiatan ini, komitmen yang kuat tentunya dibutuhkan.

Pendaftaran B-CoSt dibuka dari 27 September sampai 10 Oktober 2021 melalui link bit.ly/BootcampStudiLanjut
Guideline kegiatan ini dapat dilihat di bit.ly/guideline-bcost


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi PIC, Ferry (+62 882-1158-2008), hanya WA

---------

Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mari terhubung bersama kami!

Instagram : @kariruinjakarta

Facebook : kariruinjakarta

Email : karir@uinjkt.ac.id

Website : karir.uinjkt.ac.id

Telegram : t.me/karieruinjakarta

LinkedIn : linkedin.com/company/pusatkarieruinjkt/

Dilihat 492 kali
Link