PUSAT KARIER (CAREER DEVELOPMENT CENTER)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Thursday, 06 Oct 2022

Apa itu Internship?

Internship Fair | 02 Agustus 2022 00:00 wib Internship merupakan kata lain dari magang. Jadi apakah magang itu sama dengan PKL? Apa sih tujuan dan manfaat dari magang itu? Artikel ini akan menjelaskan mengenai Internship (magang).
Apa sih magang itu?

Internship atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kata magang. Magang ini merupakan kegiatan atau program pelatihan kerja atau sebagai pembelajaran untuk melatih seseorang sebelum terjun langsung ke dunia kerja profesional yang sebenarnya.

Magang umumnya dilakukan oleh siswa SMK serta mahasiswa di tingkat akhir. Pada beberapa bidang studi, magang termasuk salah satu mata kuliah wajib yang akan mempengaruhi nilai. Namun, ada juga program studi yang tidak mensyaratkannya sama sekali.

Apabila melansir dari undang-undang, magang adalah bagian dari salah satu pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan. Adapun dasar hukum yang mengatur tentang magang adalah Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 21-30.

Tidak hanya itu, magang juga diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.22/Men/IX/2009. Aturan tersebut juga membahas aktivitas terkait magang secara spesifik di dalam negeri.


Tujuan dari kegiatan magang
Kegiatan magang ini pastinya mempunyai tujuan. Diantara tujuaannya yaitu:
  1. Mengasah kemampuan dan menambah keahlian
  2. Memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya
  3. Membuat seseorang agar dapat mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja
  4. Mempelajari berbagai soft skill
  5. Memudahkan karir sebagai fresh graduate nanti
Apa manfaat yang di dapat setelah mengikuti kegiatan magang?
  1. Pengalaman bekerja secara langsung
  2. Menambah networking
  3. Bersosialisasi dan bekerjasama tim untuk mencapai tujuan
  4. Meningkatkan kemampuan

Nah, udah tau kan manfaat keren dari internship? Yuk, intip kesempatan magang kalian di Virtual Internship Pusat Karier 2022.


Dilihat 65 kali
Link