PUSAT KARIER (CAREER DEVELOPMENT CENTER)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Wednesday, 10 Aug 2022

Kognisi Youth Learning Festival, Cara Belajar Efektif untuk Maksimalkan Kemampua

Lowongan | 11 Maret 2022 08:48 wib Kognisi Youth Learning Festival atau KYLF menyuguhkan lima aktivitas pembelajaran yang didesain untuk menstimulasi kreativitas dan motivasi belajar peserta untuk memaksimalkan kemampuan dirinya di tengah era global ini, seperti 25+ interactive learning sessions, kompetisi, hiburan, self-discovery, dan kesempatan kerja. Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu partner dalam kegiatan ini.

Pandemi yang merebak sejak 2020 silam mengharuskan proses belajar mengajar berubah menjadi online atau distance learning. 

Namun, perubahan ini malah menciptakan berbagai inovasi baru bagi anak-anak muda untuk mendapatkan cara belajar efektif.

Jika dulu belajar harus selalu duduk di meja dan menulis, saat ini anak isekolah dan kuliah bisa belajar secara online atau distance learning, yang tidak mengharuskan mereka bertatap muka, tetapi masih bisa berinteraksi layaknya sedang bersama-sama.

Melansir situs web britannica, distance learning merupakan pembelajaran jarak jauh, disebut juga e-learning atau online learning, yang metode belajarnya memisahkan fisik guru-siswa selama pengajaran dan menggunakan berbagai teknologi untuk memfasilitasi komunikasi guru-siswa dan siswa-siswa.

Berangkat dari latar belakang inilah, Kognisi menyelenggarakan Kognisi Youth Learning Festival atau KYLF. Acara ini akan mengadakan lima aktivitas pembelajaran yang didesain untuk menstimulasi kreativitas dan motivasi belajar peserta untuk memaksimalkan kemampuan dirinya di tengah era global ini, seperti 25+ interactive learning sessions, kompetisi, hiburan, self-discovery, dan kesempatan kerja.

Meski dilakukan secara full online atau distance learning, acara KYLF diharapkan mampu membantu pengembangan diri anak-anak muda jadi lebih optimal. 

Acara ini akan dihadiri oleh berbagai narasumber kredibel dan berwawasan, seperti Ayu Utami, Handoko Hendroyono, Hadi Ismanto, Candra Darusman, dan masih banyak lagi.

KYLF mengusung cara belajar efektif dengan menerapkan interactive learning platform KumoSpace, di mana peserta bisa belajar dalam dunia virtual yang dapat diakses, mirip seperti Metaverse tetapi lebih simple. Tidak hanya bisa mendengarkan, KumoSpace juga memungkinkan peserta untuk networking dan bermain game dengan peserta lain.

Menariknya lagi, acara ini adalah The First NFT-based Learning Festival in Indonesia! Tersedia 8.000 tiket NFT yang bisa didapatkan para peserta yang beruntung untuk membuka pengetahuan di dunia NFT. Jadi makin semangat ya belajarnya!


Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu mitra perguruan tinggi yang ikut serta dalam kegiatan KYLF ini. Lewat program KYLF, diharapkan peserta bisa mendapatkan cara belajar efektif versi terbaik dirinya, karena setiap orang punya cara belajar masing-masing. Tertarik tahu lebih lanjut? Cek informasi lengkapnya di sini https://kylf.growthcenter.id/.

Dilihat 217 kali
Link