PUSAT KARIER (CAREER DEVELOPMENT CENTER)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Wednesday, 10 Aug 2022

Online Career Expo (OCE) Resmi Dibuka

Lowongan | 04 Desember 2021 22:17 wib OCE menargetkan ada 100 lowongan dibuka, 20-an lebih webinar persiapan karier, 10 lebih informasi beasiswa studi lanjut serta kesempatan berwirausaha. Daftar kan diri Anda segera di https://bit.ly/RegistOCE

04/12/2021 - Telah terlaksana Pembukaan Acara Online Career Expo (OCE) yang dilakukan secara daring. Dipandu oleh intern Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Nadya Khoirul Jannah, pembukaan OCE diawali oleh laporan penyelanggara yang disampaikan oleh Umiyati selaku Kepala Bidang Recruitment dan Kerjasama PusKar UIN Jakarta. Dalam laporannya Umi menjelaskan teknis pelaksanaan OCE diantaranya penyelenggaraan webinar, kerjasama dengan perusahaan, dan virtual hiring. Kegiatan akan dilaksanakan selama 15 hari dari 4-19 Desember 2021. Adapun target audience pada OCE kali ini adalah 10.000 mahasiswa dan fresh graduated UIN Jakarta serta peserta umum.

Dilanjut sambutan dari Ketua Pusat Karier UIN Jakarta, Salamah Agung. Dalam sambutannya Salamah mengungkapkan harapannya kegiatan ini dapat diterima dan jadi kesempatan bagi mahasiswa dan alumni untuk menentukan 'excellent career'. "Selamat kepada para peserta OCE, semoga kegiatan ini dapat menjadi jalan bagi kita semua untuk mendapatkan jalan karier yang terbaik", tutup Salamah.

Sambutan berikutnya adalah dari Warek 3 Bidang Kemahasiswan yaitu Arief Subhan. Dalam sambutannya Arief Subhan menuturkan OCE merupakan kegiatan yang dapat memberi pencerahan kepada para mahasiswa untuk mulai mempersiapkan diri terjun ke dunia karier. "Pada OCE kedua ini, kita dapat ambil hikmahnya walaupun dilaksanakan secara daring namun tidak mengurangi PusKar untuk tetap provide kegiatan Career Expo". Arief juga menyinggung terkait Kampus Merdeka terkait pengembangan skill dan karier. Menurutnya UIN dapat mencontoh dengan PusKar sebagai jembatannya.

Setelah sambutan, masuk ke sesi berikutnya yaitu pemaparan materi oleh Achmad Firdaus tentang career preparation in digital era 5.0. Achmad menuturkan Pandemi merubah segala bentuk consumer behaviour. Yang mana semua sektor karier mengalami keterbatasan interaksi imbas dari Pandemi COVID-19. “Era Industri 5.0 yang diperkirakan akan tiba 20 tahun lagi setelah era 4.0 diluncurkan, ternyata jauh lebih cepat terjadi 10 tahun setelahnya,” kata Achmad, “Peralihan human to digital akan terjadi secara masif di era digital industry 5.0,” tambahnya.  Namun walaupun semua serba digital, hal ini menurut Achmad tidak akan menghilangkan jati diri manusia. Karena kehadiran Industri 5.0 akan menciptakan keseimbangan antara kemajuan teknologi digital baik dibidang ekonomi parallel dan masalah sosial.

Materi kedua disampaikan oleh Business Development Manager DI Tata Consultancy Service (TCS), Durga Prasad Uppu. Durga mengawali pemaparan materi dengan menerangkan kilas balik perkembangan era Industri tiap tahunnya yang mengalami perubahan besar di bidang industrial setiap tahunnya. “Ini menjadi PR bagi perusahaan untuk mau upgrade diri, atau akan mengalami kepunahan,” Kata Durga. Di era Industri 5.0, Durga menyoroti satu dari sekian banyak kemajuan teknologi ialah Artificial Intelligence (AI). AI menurut Durga dapat memengaruhi segala aspek industrisasi dan juga kehidupan manusia.

Setelah pemaparan dari kedua materi, selanjutnya penutupan kegiatan dan dilanjut sesi dokumentasi bersama oleh operator. Seluruh peserta dialihkan di ruangan berikutnya untuk turut serta mengisi kegiatan talkshow dengan Halolearn (D)

Dilihat 693 kali
Link