PUSAT KARIER (CAREER DEVELOPMENT CENTER)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Friday, 29 Mar 2024

Rektor buka program B-CoSt (Bootcamp for Continuing Study)

Berita Umum | 23 Oktober 2021 14:57 wib Pusat Karier memandang perlu memfasilitasi mahasiswa yang memiliki keinginan untuk studi lanjut ke luar negeri. Bootcamp for Continuing Study (B-CoSt) adalah program baru dari Pusat Karier untuk mempersiapkan mahasiswa dan alumni berkompetisi mendapatkan beasiswa studi ke luar negeri.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis, MA, membuka secara resmi kegiatan Bootcamp for Continuing Study (B-CoSt) dari Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sabtu, 23 Oktober 2021. Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Arief Subhan, Perwakilan dari Nuffic NESO, Dito Alif Pratama, sebagai partner utama kegiatan B-CoSt ini.


Dalam kesempatan pembukaan, rektor menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Pusat Karier yang telah memfasilitasi alumni dan mahasiswa yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi, terutama ke luar negeri. "Banyak mahasiswa dan alumni yang ingin melanjutkan studi tapi tidak tahu bagaimana harus memulai. Kegiatan B-CoSt sangat membantu mereka untuk bisa termotivasi dan bisa mempersiapkan diri untuk studi lanjut."

Kegiatan B-CoSt ini akan diikuti oleh 63 peserta selama kurang lebih 2,5 bulan. Peserta berasal dari berbagai institusi diantaranya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Alauddin Makassar, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Walisongo Semarang, UIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten, ITS, Institut Parahikma Indonesia, dan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Peserta akan dibekali dengan 10 serial webinar persiapan studi, dari mulai memahami bagaimana memilih bidang studi dan universitas yang bakal menjadi tujuan studi, mencari supervisor, memahami perbedaan tes bahasa IELTS dan TOEFL dan memilih mana yang tepat, sampai dengan memastikan mengisi aplikasi dengan benar. Selain itu, peserta juga akan dibekali dengan kegiatan coaching intensive tentang bagaimana membuat CV yang baik, membuat motivation letter yang memukau, membuat proposal yang meyakinkan serta membuat video resume. Serial webinar dan coach ini menghadirkan narasumber-narasumber professional yang merupakan alumni penerima beasiswa dari berbagai scholarship providers, salah satunya adalah Nuffic NESO Indonesia.

Program B-CoSt akan diakhiri dengan kegiatan scholarship expo di mana peserta akan dihadapkan pada pilihan beasiswa yang beragam yang siap untuk dilamar dengan persiapan yang matang.




Dilihat 405 kali
Link