PUSAT KARIER (CAREER DEVELOPMENT CENTER)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Friday, 29 Mar 2024

10 Strategi Networking untuk Fresh Graduate

Lowongan | 06 Desember 2022 18:04 wib Selain mempunyai CV dan portfolio yang lengkap, networking juga sangat penting! Sebagai fresh graduate, networking membantu membuka peluang untuk mendapatkan pengalaman baru. Baik untuk mencari kerja dan membangun karir. Networking pada dasarnya adalah berkenalan dan berhubungan dengan orang baru untuk mengembangkan skill profesional dan kontak sosial









Selain mempunyai CV dan portfolio yang lengkap, networking juga sangat penting! Sebagai fresh graduate, networking membantu membuka peluang untuk mendapatkan pengalaman baru. Baik untuk mencari kerja dan membangun karir. Networking pada dasarnya adalah berkenalan dan berhubungan dengan orang baru untuk mengembangkan skill profesional dan kontak sosial


Selain dilakukan secara profesional, networking juga bisa dilakukan secara kasual dan melalui media sosial. Mari kita simak 10 strategi networking yang ampuh untuk menebar jaring sosial sebagai seorang fresh graduate. 


#1 Berteman dengan Siapapun

Secara sederhana, networking pada dasarnya berteman dan berkenalan dengan orang baru, dan tidak jauh dari definisi pertemanan. Dimulai dari kuliah, cobalah berkenalan dan berteman dengan mahasiswa/i lain diluar jurusan ataupun fakultas. Eksplor komunitas, organisasi, dan perkumpulan di kampus maupun diluar kampus. Selain menambah wawasan ilmu dan teman baru, networking juga bisa membantu meningkatkan peluang mencari kerja melalui rekomendasi teman. 


#2 Jadi Diri Sendiri

Saat berkenalan dan networking dengan orang atau lingkungan baru, cobalah untuk jadi diri sendiri. Jangan berpura-pura jadi orang lain untuk masuk ke lingkungan baru, karena sesama manusia pasti akan merasakan kalau energi kita tidak tulus. 


Selain itu, ada juga orang yang dengan mudah merasa nyaman saat networking. Mereka bisa dengan mudah bercerita dan bercanda dengan orang baru. Pastikan untuk menjaga topik cerita dan bercandaan sewajarnya saja untuk mencairkan suasana, tapi liat situasi dan kondisi juga. Perhatikan lawan bicaranya, apakah mereka nyaman dengan perbincangannya atau tidak. 


#3 Temukan Orang-Orang Terdekatmu

Selain menebarkan jaring sosial, networking memang penting untuk dilakukan tanpa memilih-milih apalagi dalam karir. Tapi, jangan lupa untuk cari seseorang ataupun lingkungan yang benar-benar bisa mendorong kamu berkembang. Bisa dalam bentuk teman dekat ataupun lingkungan pertemanan yang positif dan saling mendukung. 


Satu hal dasar penting di dalam networking, kelilingilah diri kita dengan orang-orang yang lebih pintar dan sukses, karena nantinya itu akan mendorong kita untuk menjadi lebih pintar dan sukses. 


Cobalah untuk berteman diluar zona nyaman kita. Kalau berteman dengan orang-orang yang begitu-gitu saja, tidak ada pemicu untuk berkembang. 


#4 Jalin Networking dengan Tulus

Cobalah jalin networking dengan hati yang tulus dan terbuka untuk mengenal dan mencari pengalaman baru. Memang pada dasarnya, sebelum networking pasti setiap individu ada agenda personal yang ingin dicapai. Coba singkirkan itu sebentar dan fokus pada proses mengenal satu sama lain. Orang akan merasakan dan tau kalau niatnya lain.


#5 Kenali Value Kamu

Networking memang penting, tapi kita juga harus punya pendirian dan gali diri sendiri lebih dalam. Atur tujuan mau kemana, cari dan gali nilai-nilai yang penting dalam hidup kita, dan siapkan kemampuan dengan maksimal. Networking tanpa ada tujuan bagaikan menyebar brosur kemana-mana untuk datang ke lapak kita, tapi lapaknya kosong dan tidak ada yang ditawarkan.


#6 Ikut Komunitas

Ada berbagai cara untuk melakukan networking, tapi yang lebih sulit pastinya bagaimana cara mulainya? Networking dimana? Secara singkat, ikut komunitas. Tapi sebelum itu, coba gali minat atau hobi kamu dimana, apakah itu olahraga, paduan suara, seni, musik, masak,dan lainnya. Bisa dimulai dari mengikuti kelas, seminar, atau event, dan ulik dari sana.


#7 Connect melalui Media Sosial

Selain ikut komunitas, banyak yang mendapatkan teman dan networking via Instagram, TikTok, Twitter, ataupun LinkedIn. That’s great! Bisa dimulai dari mutuals dan kembangkan dari sana. Sebaliknya, kalau kita berkenalan langsung, jangan lupa untuk konek di media sosial juga ya! 


Tapi ingat untuk berhati-hati, jangan dengan sporadis mengajak bertemu seluruh mutuals kita di Twitter. Pilihlah orang-orang yang memang sudah berinteraksi dekat dan konsisten untuk bertemu langsung. 


Dan jangan lupa bagikan konten-konten positif yang bisa memperlihatkan kemampuan kamu di media sosial. Tidak jarang orang mendapatkan kerja melalui media sosial karena melihat kreasi kontennya. 


#8 Jadi Connector

Dalam proses networking, pasti ada beberapa situasi dimana kamu mendapat kenalan dari teman sendiri. Jangan lupa untuk menjadi connector ke teman-teman yang lain juga. Berbaiklah ke sesama teman dan saling membukakan pintu rezeki, pasti kebaikan akan balik ke kamu. 


#9 Jangan Malu untuk Minta Bantuan

Tidak semua orang nyaman dengan networking, apalagi untuk individu-individu introvert. Kalau kamu ingin networking tapi tidak nyaman datang sendirian, coba ajak teman dekat untuk jadi emosional support

Selain itu, coba minta teman dekat untuk jadi connector networking. Jangan malu untuk meminta diajak ke pertemanan lain atau networking ke komunitas yang temanmu ikuti. Proses ini akan lebih mudah dan tidak canggung karena ada satu orang sebagai kunci yang bisa mengenalkan kamu dengan orang baru.


#10 Jaga Hubungan

Saat baru lulus kuliah, teman-teman kuliah merupakan salah satu aset terkuat untuk dunia karir dan memperluas networking. Teman kuliahmu bisa menjadi salah satu orang yang merekomendasikan kamu untuk masuk ke kantornya nanti atau menjadi partner usaha dikemudian hari.


Jadi, cobalah untuk jaga hubungan yang erat dengan teman-teman kuliah maupun SMA dulu. Coba tanyakan kabar, tetap berkoneksi di media sosial, bersilaturahim, dan berkoneksi di LinkedIn saat berkarir nanti. 


Artikel di atas merupakan bentuk kolaborasi UIN bersama RevoU



Dilihat 281 kali
Link