PUSAT KARIER (CAREER DEVELOPMENT CENTER)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Saturday, 13 Apr 2024

Internship Story: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Event | 27 Agustus 2022 19:08 wib Halo Sobat Karier

Kembali lagi di konten Intership Story PMMB BUMN bersama dengan Pusat Karier UIN Jakarta.


Artikel kali ini minkar bakal ajak sobat karier untuk mengetahui pengalaman magang dari mahasiswa UIN Jakarta yang lolos PMMB BUMN di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) nih sobat karier. Sobat karier pasti udah pada tau kan apasih PT Bank Rakyat Indonesia itu, kalo belum tau, sini minkar kasih infonya ya.


Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 120 tahun, Bank BRI senantiasa memberikan kemudahan dan kecepatan dalam merespon berbagai kebutuhan nasabah. Dengan didukung oleh layanan perbankan yang prima, jutaan transaksi nasabah dikelola selama 24 jam sehari 7 hari seminggu melalui fasilitas layanan yang tersebar secara luas di seantero negeri. (Website resmi Bank Rakyat Indonesia)


Narasumber kali ini merupakan seorang mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2019 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bernama Aditya Allam. Allam berkesempatan untuk magang di PT Bank Rakyat Indonesia melalui PMMB BUMN Batch I tahun 2022 dan ditempatkan di divisi Teknologi Sistem Informasi. Allam bercerita bahwa ia mengetahui informasi terkait pendaftaran PMMB BUMN ini dari Instagram Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sudah ia ikuti sejak lama.


Ketika dinyatakan termatch-up dengan PT Bank Rakyat Indonesia Allam pun merasa senang karena ia merasa kesempatan ini dapat digunakan sebagai pemenuhan mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang belum diambil. Setelah termatch-up, di BRI sendiri terdapat tahapan interview yang digunakan untuk memvalidasi apakah divisi yang ditempatkan sudah sesuai dengan kemampuan dari mahasiswanya. Allam ditempatkan di anak perusahaan BRI yaitu BRI Insurance. Pada divisinya, allam merasa apa yang ia kerjakan sudah sesuai dengan jurusan perkuliahannya. Allam membuat sistem pengiriman email otomatis serta merancang sebuah website. 


Dalam pekerjaannya, Allam bekerja di kantor (WFO) sekitar 1-2x dalam seminggu. Dimana yang terpenting adalah agar pekerjaan yang ia kerjakan tetap selesai dengan baik, dan komunikasi tetap berjalan meskipun Allam tidak bekerja di kantor. Allam sendiri harus melaporkan hasil kerjanya setiap minggu kepada kepala divisi dari bagian Allam ditempati. 


“Jadi tau culture kerja di BRI, tau orang-orangnya bagaimana, kalau dalam bidang studi, sesuai dengan jurusan dan mendapatkan pengalaman bagaimana merancang database dan sistem informasi dengan lebih profesional dan terstruktur karena didampingi oleh mentor-mentor, serta jadi bisa tau attitude dalam dunia kerja.” Kata Allam mengenai ilmu apa yang didapatkan selama magang di  BRI.


Tips n trik dari Allam untuk mahasiswa yang mendaftar PMMB BUMN yaitu, “Buatlah CV dengan rapih dan seadanya, jangan dilebih-lebihkan. Masukkan sertifikat-sertifikat pelatihan yang pernah diikuti yang sesuai dengan jurusan kalian, agar menambah value kalian terhadap perusahaan nantinya.” Allam juga berpesan kepada Mahasiswa/i yang lulus PMMB BUMN batch selanjutnya, “Harus dapat menyeimbangi waktu kuliah dan magang, jangan terlalu terfokus dalam kerjaan karena masih mempunyai tanggung jawab sebagai mahasiswa. Selesaikan pekerjaan yang diberikan dengan menganggapnya sebagai pembelajaran.”


Yuks, persiapan dirimu untuk karier excellent bersama Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Let's Connect with Us!

Instagram : @karieruinjakarta

Email : karier@uinjkt.ac.id

Website : karier.uinjkt.ac.id

Telegram : t.me/karieruinjakarta

LinkedIn : linkedin.com/company/pusatkarieruinjkt/ 

linktr.ee/karieruinjkt

 

#kariruinjakarta #pusatkarier #uinjktofficial

Dilihat 408 kali
Link