PUSAT KARIER (CAREER DEVELOPMENT CENTER)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Friday, 29 Mar 2024

Internship Story : PT Angkasa Pura II

Lowongan | 16 Agustus 2022 10:09 wib Hallo Sobat Karier

Hallo Sobat Karier!


Ketemu lagi dengan konten Internship Story PMMB BUMN bersama Pusat Karier UIN Jakarta!

Artikel kali ini akan mengulik pengalaman magang teman kita di PT Angkasa Pura II. Nah sebelumnya sobat karier udah tau belum sih PT Angkasa Pura II ini?? Kalau belum tau sini minkar kasih tau dulu infonya, supaya nanti kalian bacanya relate YA!

PT Angkasa Pura II merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara (website resmi PT Angkasa Pura II).


Pada kesempatan kali ini, narasumber kita memiliki kesempatan emas untuk bisa menjadi insan magang di PT Angkasa Pura II. Larasati Nabila merupakan mahasiswi jurusan Ilmu Hukum UIN Jakarta yang lolos pada kesempatan program PMMB Batch 1 tahun 2022. Kak Laras sapaan akrabnya, mendapatkan info magang melalui Pusat Karier UIN Jakarta ketika ia sedang mengikuti proses internship di Pusat Karier.


Setelah mendapatkan info, Kak Laras langsung menyiapkan berkas yang diperlukan dan  mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program magang di BUMN. Dengan bermodalkan, cv dan pengalaman magang sebelumnya, Kak Laras percaya bahwa ia dapat lolos mengikuti program PMMB Batch 1 tahun ini.


Perasaan senang dan bahagia hadir ketika ia berhasil termatch-up dalam proses seleksi berkas magang di PT Angkasa Pura II divisi Human Capital Policy. Rasa syukur dan bahagia mengantarkan Kak Laras kembali untuk berhasil lolos dalam seleksi wawancara yang diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura II.


Divisi Human Capital Policy merupakan divisi yang bertugas untuk mengatur terkait peraturan dan kebijakan internal untuk para pekerja di lingkungan PT Angkasa Pura II. Pada divisi ini Kak Laras merasa tugas dan kewajiban yang ia jalani sangat relate dengan latar belakang jurusannya. Namun terkadang, dunia kerja menuntut kita untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Kak Laras harus memahami proses bisnis perusahaan yang memang hal ini diluar pemahaman selama di dunia perkuliahan.


Waktu kerja 1 hingga 3 kali dalam seminggu untuk masuk ke kantor membuat Kak Laras memiliki waktu yang flexible untuk bekerja dimana saja menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh mentornya. Reporting tasks yang diterapkan satu bulan sekali dalam lingkup divisi untuk membahas progres tugas magang bersama mentor. Lalu dalam lingkup perusahaan, divisi Human Capital mengadakan reporting tasks selama 3 bulan sekali untuk melihat progress setiap divisi dalam memberikan kontribusinya terhadap perusahaan.


Tips and Trick agar lolos dalam program PMMB BUMN ialah menyiapkan CV bernilai ATS friendly agar CV dapat dilirik oleh recruiter secara cepat dan tepat. Selain itu, CV juga harus di update secara berkala agar menyesuaikan dengan keperluan lamaran kerja. Untuk program PMMB kali ini, perbanyak pengalaman kerja, pengalaman volunteer dan pengalaman pelatihan agar CV dapat terlihat aktif dan berkontribusi dalam berbagai hal. 


Pengalaman magang menurut Kak Laras dapat memberikan ilmu baru diluar kemampuannya dan relasi yang berkualitas dengan para karyawan dan atasan di lingkungan perusahaan. Memanfaatkan waktu selama intern untuk mendapatkan pengalaman baru dan terus mencoba memperbaiki diri agar dapat bersaing di dunia kerja nantinya.


Yuks, persiapan dirimu untuk karier excellent bersama Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Let's Connect with Us!

Instagram : @karieruinjakarta

Email : karier@uinjkt.ac.id

Website : karier.uinjkt.ac.id

Telegram : t.me/karieruinjakarta

LinkedIn : linkedin.com/company/pusatkarieruinjkt/ 

linktr.ee/karieruinjkt

#kariruinjakarta #pusatkarier #uinjktofficial || Content writer and publisher by Muhammad Arya Dhika - KKN 2022 || Designer content by Wahyu Ramadhani - KKN 2022

Dilihat 1399 kali
Link